Installing Atau Memasang ESP32 Di Arduino IDE

Installing Atau Memasang ESP32 Di Arduino IDE (Windows, Mac OS X, Linux)


Teknologi.

 

Assalamu’alaikum.

Bagaimana keadaan teman-teman semua muda-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberi keselamatan oleh yang mahakuasa, bagi teman-teman yang kurang sehat semoga cepat sembuh supaya bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sedia kala amin.

 

Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada teman-teman semua bagaimana menginstal ESP32 di Arduino IDE di semua OS Windows, Mac OS X atau Linux.

Sebelum memulai prosedur instalasi ini, pastikan teman-teman memiliki versi terbaru Arduino IDE yang telah terpasang di komputer teman-teman. Jika tidak, mungkin instalasi tidak akan bekerja.

Baca juga

1.        Memulai Proyek Menakjubkan dengan ESP32

2.        Pembuatan Sistem Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Teknologi Arduino

3.        Cara membuat sistim penyiram tanaman otomatis

4.        Cara membuat Radar Arduino kompetibel semua monitor

5.        cara membuat Robot Pemadam Api Berbasis Arduino

Installing Atau Memasang ESP32 Di Arduino IDE

 

     1.     Di Arduino IDE kita buka File> Preferences


 

     2.     Ketik atau copykan link berikut “https://dl.espressif.com/dl/package_esp32_index.json” pada “Additional Board Manager URLs”


 

     3.     Setelah itu buka Tools > Board > Boards Manager


 

    4.     Cari ESP32 dan tekan tombol install untuk memulai pemasangan ESP32 by Espressif Systems

 


 

     5.     Disini kita hanya menunggu beberapa saat untuk pemasangan atau install selesai

Setelah pemasangan selesai kita bisa mencek esp 32 dengan cara membuka pada menu Tools > Board setelah itu cari esp 32 perhatikan gambar di bawah ini.


Nah itulah cara untul mengistal esp 32 pada arduino IDE, setelah kita mengistal esp 32 pada arduino IDE baru kita bisa memprogramnnya dan kita bisa memulai projek-projek menarik dengan esp 32. Untuk memulai pengetesan atau memulai projek awal teman-teman bisa klik disini. Mungkin sekian dl artikel kali ini saya akhiri dengan wassalam.


**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**

 



EmoticonEmoticon